K.H. Abdullah As‐Sajjad

K.H. Abdullah As‐Sajjad dilahirkan di Guluk‐Guluk Sumenep dari pasangan Nyai Mariyah Idris Patapan dengan K.H. Muhammad  Asy‐Syarqawi  Al‐Qudusi pada sekitar tahun 1895 M. Nyai Aisyah, adik beliau, lahir pada Jumadil Awal 1316 H./September/Oktober  1898.  Tidak  diperoleh data  yang  pasti  mengenai  tanggal  kelahiran beliau.
Berdasarkan dugaan dimaksud, sewaktu  K.H.  Muhammad  Asy‐Syarqawi meninggal  pada  bulan Muharram  tahun  1329 H/Januari  1911  M  beliau  masih  sangat  muda. Sebagai  putra  tokoh agama  dan  mendapat dukungan  serta  fasilitas  dari  ibu  beliau,  beliau mengembara dan menuntut ilmu di Banyuanyar,  Bangkalan,  kemudian  di  Panji Siwalan Sidoarjo, di Tebuireng dan cukup lama di  Sidogiri.  Seperti  kakak  beliau,  pada  waktu menunaikan ibadah haji, beliau juga menggunakan  sebagian  waktu  beliau  untuk menuntut  ilmu‐ilmu  keagamaan.  Sewaktu  di Tebuireng  antara  lain  beliau  mempelajari  ilmu falak. Ditulisnya ilmu itu dengan tangan beliau sendiri.  Setelah  diteliti,  ternyata  kebanyakan kitab‐kitab  yang  beliau  tinggalkan  beliau  beli sesudah pulang dari pondok.

Kemudian  beberapa  waktu  sepulang menuntut  ilmu,  beliau  kawin  dengan  sepupu beliau, Nyai Shafiyah Munawwar dari Kembang Kuning, Talang, Pamekasan. Sesudah itu  beliau  menempati lahan  baru  dari  hibah salah seorang anggota masyarakat pada beliau. Di tempat yang baru ini beliau mulai mengajar mengaji  Al‐Qur’an  dan  ilmu‐ilmu  agama, antara  lain  beliau  mengajar kitab  setiap  Sabtu malam  Minggu  kepada  masyarakat  yang  juga datang  dari  luar  desa bahkan  luar  kecamatan seperti  dari  Desa  Penanggungan,  Beragung, Dundang, Payudan Daleman, Jaddung, Moncek, Gilang, Karang Cempaka, dan sebagainya. Pada  umumnya  mereka datang dengan  berjalan  kaki,  satu  dua  ada  yang  naik kuda  dan  hanya  seorang  yang  naik sepeda motor yaitu yang dari Karang Cempaka, karena dia  tergolong  orang  kaya  pada zamannya. Kemudian  tempat  ini  menjadi  pesantren sampai  sekarang  dan  dikenal  dengan  sebutan Latee. Konon,  kata  Latee  diambil  dari  nama pemilik asal tanah tersebut.

Beliau  dikenal  sangat  rajin  mengajar membaca  Al‐Qur’an  dengan  baik.  Untuk  itu ilmu Tajwid tidak lupa diajarkannya juga pada para  santri.  Dalam  mengajar  Al‐Qur’an  beliau menerapkan sistem  sorogan,  yaitu  santri  satu persatu  membaca  dan  kiai  mendengarkannya serta membetulkan  apabila  ada  bacaan  yang salah  dan  kurang  baik.  Ini  dilaksanakan  setiap harisampai  santri  menyelesaikan  30  juz. Sesudah  itu  santri  yang  telah  lulus  di‐“wisuda”. Mereka diharuskan berpidato dalam bahasa  Arab  yang    beliau  susun  sendiri. Dengan  demikian beliau  banyak  mengambil manfaat.  Setiap  hari,  selama  bertatahun  tahun, dari sumber yang beraneka ragam menginformasikan isi Al‐Qur’an kepada beliau. Sekalipun beliau tidak hafal sepenuhnya, tetapi topik‐topik dan pokok bahasan yang ada dalam Al‐Qur’an  beliau  hafal  dan tentu  memahami isinya.  Setiap  waktu  shalat  eliau  membaca Surat‐Surat  dalam  juz  Amma semisal  Surat  Al‐A’la,  Al‐Ghasyiyah,  At‐Takatsur,  Al‐Humazah, Al‐Ma’un  dan  lain  sebagainya. Khusus  pada Shalat Subuh hari Jum’at beliau suka membaca Surat  As‐Sajadah  pada  rakaat pertama  dan surah  Al‐Insan  pada  rakaat  kedua.  Sedangkan pada  Shalat  Isya’  Malam  jum’at beliau  suka membaca  Surat  Al‐Jumu’ah  pada  rakaat pertama  dan  Surat  Al‐Munafiqun  pada rakaat kedua.  Itu  dibaca  secara  tuntas  dari  awal sampai  akhir  surah.  Dari  itu  pola  hidup yang beliau  perlihatkan  sehari‐hari  sesuai  dengan apa yang beliau pahami dari Al‐Qur’an dan Al‐Hadits.  Pada  saat  itu  tantangan  modernisasi belum  begitu  kuat  dan  globalisasi  belum seperti sekarang.

Menurut  salah  seorang  informan, beliau  lebih  mengutamakan  bacaan  yang  baik dari  pada menghafal  seluruh  isi  Al‐Qur’an. Bahkan  terkesan  beliau  kurang  setuju  pada santri  yang  akan menghafalkan  seluruh  isi  Al‐Qur’an.  Barangkali  hal  ini  disebabkan  karena bacaan  para  santri menurut  pemikiran  beliau masih  kurang  baik  dan  terutama  beliau khawatir  kalau‐kalau  setelah di  masyarakat dilupakannya  sebagian  saja  oleh  mereka.  Pada saat  itu,  Annuqayah  dikenal dengan  santrinya yang  pandai  dan  baik  dalam  membaca  Al‐Qur’an  di  samping  baik  dalam tata  kramanya. Beruntunglah  Pondok  Pesantren  Salafiyah Syafi’iyah  Sukorejo,  karena  dahulu alumni‐alumni  Annuqayah  mengajar  membaca  Al‐Qur’an  dengan  baik. Mereka  itu  antara  lain K.H. Dhofir Munawwar, KH Ihsan Munawwar, K.   Musta’ien   dan   K.  Mahalli.

Selain  beliau  dikenal  sangat  rajin mengajar  Al‐Qur’an,  beliau  sangat  senang  juga mengajar ilmu‐ilmu  alat,  khususnya  ilmu sharraf. Untuk itu beliau sendiri mengajar para santri  senior  yang kemudian  mereka  itulah yang  melanjutkan  mengajar  pada  junior‐junior mereka.  Beliau banyakmeninggalkan  kitab yang  berhubungan  dengan  ilmu  ini,  bahkan bukan  hanya kitab‐kitab nahwu  dan  sharraf yang  beliau  tinggalkan,  tetapi  juga  kitab balaghah, ‘arudl dan qawafi.

Beliau  juga  tidak  lupa  mengajarkan ilmu‐ilmu agama yang lain, bahkan dalam ilmu tauhid  untuk kebutuhan  para  santri,  beliau memudahkan  untuk  mempelajari  ilmu  ini dengan menadzamkannya.  Kitab  Qatrul  Ghaits peninggalan  ayah  beliau  yang  berupa  tulisan tangan dengan  dilengkapi  syakal  dan  arti  bagi mufradat  yang  dianggap  sulit,  beliau  nazham‐kan untuk  diajarkan  pada  santri‐santri  beliau. Ilmu  fiqh  dan  tasawuf  juga  beliau  ajarkan  di samping  matan  hadits.  Nampaknya  beliau sangat   senang  dan  antusias  mengajar  kitab Al‐Hikam.  Beliau  sering  menulis  istighasah  yang terdapat pada akhir kitab tersebut serta dibagi‐bagikan  kepada  sebagian  santri  kalong  yang terdiri  dari  anggota  masyarakat.  Untuk  Hadits beliau  meninggalkan  empat  kitab  syarah  Al‐Arba’în  an‐Nawâwiyah  yang  merupakan  kitab hadits  permulaan  yang  sangat  penting  untuk dipelajari. Di samping itu beliau suka mengajar kitab Al‐Jâmi’ush Shaghîr sehingga beliau sangat lancar   membaca  kode‐kode  yang  selalu terdapat pada  setiap  akhir  hadits.

Setelah  santri  bertambah  banyak, beliau  dibantu  oleh  santri‐santri  senior. Lahanpun  harus diperluas  dan  madrasah diadakan.  Madrasah  ini  hanya  mengajarkan ilmu‐ilmu  agama.  Ada beberapa  santri  senior yang  sangat  beliau  cintai  dan  dikader  untuk mengembangkan perjuangan  beliau.  Dalam perkembangan  selanjutnya  mereka  menjadi tokoh‐tokoh masyarakat yang sebagian mendirikan  atau  mengasuh  pesantren  yang terus  berkembang  sampai  saat  ini. Sebagai contoh  di  Banyuangi  K.H.  Ali  Mufi,  di  Jember K.H.  Syamsul  Arifin  Karangharjo,  K.H. Bakar Dukuh  Mencek,  K.H.  Munir  Kemuning,  di Situbondo  K.H.  Dhafir  Munawwar  dan  di beberapa desa dan kecamatan-kecamatan Kabupaten  Sumenep  semisal  di  kecamatan Guluk‐guluk K.H. Idrisi, di kecamatan Ganding K.H.  Hasyim  Thabrani,  di  kecamatan  Lenteng K.H.  Syamsul  Arifin,  di  kecamatan  Bluto  K.H. Raudlah,  di  kecamatan  Pragaan  K.H.  Jauhari dan  K.H.  Ali,  di  kecamatan  Dasuk  K.H.  Abdul Mannan  dan  lain  sebagainya.  Visi  makro pendidikan  yang  beliau  idam‐idamkan  adalah masyarakat  Islam  lewat  pengkaderan  santri‐santri  di  pesantren,  sesuai  dengan  paham  ayah beliau  yaitu  Ahlussunnah  Wal  Jamâ’ah Madzhab Syafi’i.

Beliau  sangat  pemberani.  Pada  waktu penjajahan  Jepang  beliau  tetap  mengadakan pengajian umum  dan  hataman  Al‐Qur’an, sekalipun  hal  tersebut  dilarang  oleh  penjajah Jepang.  Sewaktu Belanda  ingin  menguasai kembali  daerah‐daerah  di  Sumenep  Madura, beliau  bergerilya  dan memimpin  organisasi Sabilillah  untuk  kawasan  Sumenep.  Beliau dicari‐cari  oleh  penjajah Belanda.  Dan  innâ lillâhi  wa  innâ  ilaihi  râji’ûn  pada  tanggal  20 Muharram 1368 bertepatan dengan 3 September 1947 beliau dieksekusi oleh penjajah Belanda  di  lapangan  Guluk‐guluk.

Semasa  beliau  masih  hidup,  beberapa waktu  setelah  kemerdekaan  17  Agustus  1945, pada saat  harapan‐harapan  keagamaan  mulai tumbuh  mekar  di  dada  para  pejuang  yang benar‐benar  ikhlas  li  i’lâ’i  kalimâtillâh,  beliau mencalonkan  dan  terpilih  sebagai  kepala  desa Guluk‐guluk.  Pada  waktu  itu  hal  ini  sangat wajar  karena  beliau  dikenal  orang  di  samping kepiawaiannya  dalam  ilmu‐ilmu  agama  juga mempunyai  sifat  sosial  yang  sangat tinggi.Bengkok  atau  tanah  catoh  dalam  istilah  Madura sebagai  ganti  gaji  pegawai  pemerintah hanya beliau  gunakan  seperlunya,  sebagian  beliau  berikan  garapannya  pada  orang‐orang  yang beliau anggap pantas untuk memanfaatkannya. Pada  masa  hidupnya  seperti  di  sebutkan  di atas,  beliau  mengadakan  pengajian  umum untuk  tokoh‐tokoh  masyarakat  di  Pondok Pesantren Latee dan perkumpulan-perkumpulan  membaca  burdah  di  hampir seluruh  kampung  di  desa Guluk‐guluk.  Dikala ada  tetangga  sakit  beliau  mengajak  beberapa orang santri untuk membacakan burdah dengan doa semoga ia akan segera sembuh atau segera diambil  oleh  Tuhan jika  sudah  tiba  waktunya. Beliau  juga  sangat  senang  bersilaturrahmi terutama pada famili‐famili beliau.

Sebagai  tokoh  masyarakat  dan  guru agama,  penampilan  beliau  agak  perlente, sarung  dan baju  yang  beliau  kenakan  hanya yang  baik‐baik  saja.  Beliau  tentunya  selalu ingat terhadap hadits yang mengatakan tentang Jibril sewaktu mengajar tentang agama. Namun demikian  beliau tidak  senang  terhadap  dunia dan  rela  apa  adanya.  Konon,  diwaktu  beliau mempunyai  uang, beliau  menyewa  dokar  dan membawa  anak‐anak  beliau  ke  pasar  untuk membelikan  sesuatu, sehingga  uang  itu  habis untuk  kepentingan  keluarga.  Demikian  juga waktu beliau meninggal, beliau tidak meninggalkan harta untuk istri beliau. Menurut penuturan istri beliau yang dinikahi sepeninggal istri beliau yang pertama, segala pakaian  yang  beliau  tingggalkan  habis  dicuri maling  sewaktu  masih  tinggal  bersama  ibu mertuanya, sehingga harus memulai kehidupannya dari nol dalam keadaan miskin. Tetapi alhamdulillâh selanjutnya semua dikaruniai  kelebihan  oleh Allah  sehingga  yang pantas  terucap  hanya  syukur,  syukur  dan syukur kepada‐Nya. (Hz)

Sumber : Buku Sejarah, Visi dan Misi Pondok Pesantren Annuqayah
© KH. A. BasithAS., BA., 2008

Comments

So empty here ... leave a comment!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar